RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/ Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran ( 3 x Pertemuan )
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami teks agak panjang ( 150-200 kata ),petunjuk Pemakaian, makna kata dalam kamus / ensiklopedi.
Kompetensi Dasar : 3.1. Menentukan pikiran pokok teks agak panjang ( 150-200 kata ) Dengan cara membaca sekilas.
Indikator : 3.1.1. Menentukan pikiran pokok.
3.1.2. Menjelaskan isi wacana dengan runtun
I. Tujuan Pembelajaran :
Melaui penjelasan Guru, Tanya jawab, dan pembelajaran tugas, tentang wacana yang
Berjudul “ Dokter Yang Tulus “. Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Menjawab pertanyaan bacaan yang benar
2. Menyebutkan tokoh-tokoh dalam wacana tersebut
3. Menuliskan pokok pikiran pokok dari wacana dengan tepat
4. Menceritakan kembali isi wacana secara runtut berdasarkan pokok pikiran yang dibuat
II. Materi Pokok Pembelajaran :
Ø Membaca sekilas dan menemukan pokok pikiran teks / wacana yang berjudul “ Dokter Yang Tulus “
III. Metode / Teknik Pembelajaran :
Ø Ceramah
Ø Tanya jawab
Ø Tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Ø Pertemuan 1 ( Tp No.1 dan 2 ), dilaksanakan tanggal……
a. Kegiatan awal :
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi pembelajaran yang lalu
· Tanya jawab yang mengarah kepada materi pembelajaran yang baru
b. Kegiatan inti :
· Siswa melakukan tugas membaca wacana yang berjudul “ Dokter Yang Tulus “
Secara bergiliran
· Guru dan siswa bertanya jawab tentang tokoh-tokoh cerita dalam wacana tersebut
· Siswa menjaawab pertanyaan bacaan
c. Kegiatan Akhir
· Siswa mengerjakan soal-soal berupa pertanyaan bacaan
· Guru memberikan penilaian, menganalisa hasil, dan tindak lanjut
Ø Pertemuan II ( TP No. 3 ), dilaksanakan tanggal…….
a. Kegiatan Awal :
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang isi sebuah cerita pada suatu paragraph
· Tanya jawab yang mengarah kepada materi pembelajaran yang baru
b. Kegiatan inti :
· Siswa membaca sekilas wacana “ Dokter Yang Tulus “ , paragraph demi paragraph
· Siswa menandai kalimat awal , akhir , atau awal dan akhir kalimat
· Dengan bimbingan guru siswa menandai pikiran pokok tiap paragraph dalam wacana
· Siswa mencatat pikiran pokok tiap-tiap paragraph dalam wacana
· Siswa mengumpulkan tugas masing-masing
c. Kegiatan Akhir
· Siswa diberi tugas membaca dan menentukan pokok-pokok pikiran dalam wacana
· Guru memberikan penilaian , menganalisa hasil , dan tidak lannjut
Ø Pertemuan III ( TP No. 4 ) , dilaksanakan tanggal……..
a. Kegiatan awal :
· Siswa diingatkan kembali mengenal pembelajaran yang telah lalu
· Tanya jawab yang mengarah pada materi pembelajaran yang baru
b. Kegiatan inti :
· Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengembangkan pikiran pokok yang telah dibuat menjadi sebuah wacana
· Siswa melaksanakan tugas untuk mengembangkan pokok pikiran dalam wacana “ Dokter Yang Tulus “
· Dengan bimbingan guru , siswa menceritakan kembali wacana yang telah dibuatnya
c. Kegiatan Akhir :
· Siswa mengerjakan tugas dari guru untuk menjelaskan isi wacana
· Guru memberikan penilaian , menganalisis hasil evaluasi dan tindak lanjut
V. Alat / Media dan Sumber Belajar :
a. Alat / Media : - Teks wacana “ Dokter Yang Tulus “
- Gambar Dokter dan pasiennya
b. Sumber : - Bina Bahasa dan Sastra Indonesia, Erlangga, halaman 23-25
- Bahasa Indonesia IV , Intan Pariwara, halaman 8-10
VI. Penilaian :
a. Teknik : Tertulis
b. Bentuk : Uraian
c. Instrumen :
Ø Pertemuan I :
Bacalah wacana “ Dokter Yang Tulus “
1. Jawablah pertanyaan bacaannya !
2. Catatlah tokoh-tokoh dalam wacana tersebut !
Ø Pertemuan II :
Bacalah / dengan cepat wacana yang berjudul “ Dokter Yang Tulus “ !
· Tentukan pokok pikiran tiap-tiap paragraph wacana tersebut !
Ø Pertemuan III
Setelah kalian catat pokok pikiran pada wacana “ Dokter Yang Tulus “ , kembangkanlah pokok-pokok pikiran tersebut menjadi sebuah cerita yang runtut !
Mengetahui
Kepala SD……………….. Guru kelas IV,
( ) ( )
NIP. ………………….. NIP. …………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar